Cara Membedakan Jenis Batik

29 Jan 2011

Sebagian dari kita mungkin belum begitu mengerti perbedaan batik, antara batik tulis dengan batik cetak. Salah satu cara yang paling mudah untuk membedakan adalah dengan melihat isen-isen (lihat gambar). Pada batik tulis, bentuk isen-isennya rapih dan tidak kaku sehingga objek yang diisen terlihat seolah hidup, sedangkan pada batik cap/cetak, isen-isen(seseg) tidak rapih dan biasanya terlihat kaku (jarang-jarang), apabila isen-isen terlalu rapat maka isen akan melebar.

Untuk membedakan batik sablon/ printing dengan batik tulis, kita dapat melihat dari warnanya. Batik printing memiliki warna yang berbeda antara kain bagian depan dengan bagian belakang, sedangkan batik tulis memiliki warna yang sama antara kain bagian depan dan belakang (lihat gambar).

Batik tulis juga terasa lebih lembut kainnya, berbeda dengan batik sablon yang agak kasar atau lebih kaku dari batik tulis. Mudah-mudahan penjelasan singkat di atas dapat membantu pembaca sekalian untuk membedakan jenis batik.

5 komentar:

supercar mengatakan...

wah info bagus nih, jadi bisa lebih cemat memilih batik yang asli buatan tangan atau bukan.

thanks mas

muha mengatakan...

sama-sama :)

sebenernya ga terlalu sulit untuk membedakan, karena perbedaannya cukup banyak.
dan biasanya penjual akan kasi tau mana yang cetak, mana yang tulis, dsb.

Anonim mengatakan...

BAGUS SKALII INI
SEMOGA BATIK TTAP berkaembang dan TERUS DILESTARIKAN SAMPAI AKHR HAYAT..oleh SEMUA ORANG
TRUS MJU BUAT BATIK INDONESIA

muha mengatakan...

Amin..

Cintai Batik dengan cara MEMAKAINYA :)

Pengrajin Batik Tulis mengatakan...

ini harus diketahui sebelum kita membeli batik tulis..

by pengrajin batik, batik tulis madura murah meriah ada benar-benar asli batik madura, , batik madura ini asli dari pengrajin batik tulis

Posting Komentar