Baju Batik Baju Idaman Masa Kini

Baju Batik menjadi topik yang paling banyak dicari oleh pengguna internet Indonesia, tentunya ini untuk kategori Batik. Setelah UNESCO menetapkan Batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009, Baju Batik kian dicari dan digemari oleh banyak orang. Sebelumnya masyarakat kita menganggap bahwa Baju Batik adalah pakaian yang terlalu formal dan hanya pantas dipakai di acara resmi.

Pengalaman pribadi, ketika saya mengenakan Baju Batik saat ujian, ada teman yang mengatakan "mau kondangan pak?" begitulah fakta kebanyakan. Masyarakat kita banyak yang menganggap bahwa Baju Batik itu untuk acara kondangan saja. Namun kini kita telah sadar bahwa Baju Batik bisa dikenakan kapan saja baik acara formal maupun nonformal. Remaja pun mulai banyak yang tertarik untuk mengenakan Baju Batik saat kuliah ataupun kongkow dengan teman-teman.

Baju Batik menjadi baju idaman masa kini oleh semua kalangan. Bagi orang tua memang sudah biasa jika menggunakan baju batik namun untuk remaja, ini adalah luar biasa. Lalu bagaimana dengan harga baju batik itu sendiri, terjangkau atau mahal? inilah kebanyakan masalah para remaja atau anak sekolahan. Baju batik tulis dan cap dirasakan masih terlalu mahal untuk anak sekolahan, karena itu kebanyakan remaja akan menggunakan baju yang bermotif batik. Sebetulnya bukan hanya untuk anak remaja, karena para orang tua pun (yang kondisi keuangannya menengah ke bawah) masih menganggap harga Baju batik tulis terlalu mahal alias tidak terjangkau.

Dengan kondisi seperti di atas, maka yang menjadi masalah saat ini kebanyakan adalah harga Baju Batik yang kurang terjangkau untuk semua kalangan, dalam hal ini adalah Batik Tulis. Solusinya bisa dilakukan dengan membuat batik tulis dengan biaya minimal dan menjualnya dengan harga yang terjangkau, walaupun ini susah untuk dilakukan namun saya yakin pasti bisa dilakukan. Jika harga batik tulis serta Baju Batik menjadi terjangkau mudah-mudahan seluruh kalangan masyarakat Indonesia dapat ikut merasakan memakai Baju Batik sebagai warisan budaya Indonesia. (mumu)

2 Responses to "Baju Batik Baju Idaman Masa Kini"

  1. Salam kenal kak.. Terimakasih untuk sharing ilmunya.. Tertarik untuk mempelajari cara membuat pola pakaian beserta cara menjahitnya?.. Anda bisa memesan paket CD belajar menjahit di Fitinline..

    BalasHapus